Pesona Malang Raya

Menikmati pesona dan keunikan wisata di Malang, Batu, Bromo dan kota-kota lainnya di Jawa Timur.

Berkunjung dan bertualang ke tempat-tempat baru yang mungkin belum akrab di telinga banyak orang tentu menjadi sesuatu yang membanggakan. Keunikan cerita dan serunya pengalaman pasti menjadi hal yang sangat menarik dan berkesan bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi mereka yang mendengarkan.

Kekayaan alam, budaya dan sejarah yang dimiliki membuat wilayah yang ada di Malang dan sekitarnya menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ikon-ikon wisata di Malang Batu dan sekitarnya seperti: Ijen Boulevard, Museum Brawijaya, Toko Oen, Alun-alun Tugu, Alun-alun Merdeka, Keramik Dinoyo, Candi Singosari, Kebun Teh Wonosari, Waduk Selorejo, Pemandian Selecta, Sumber Air Panas Cangar, Songgoriti, Jatim Park, Batu Night Spectaculer, desa bunga Sidomulyo, air terjun Coban Rondo, sunrise di Puncak Penanjakan, pendakian ke Kawah Bromo, berkuda di Lautan Pasir, Trekking ke Ranu Pane, Ranu Kumbolo, ke Puncak Semeru dll menjadi salah satu bukti kekayaan tersebut. Diluar itu masih banyak tujuan wisata lain yang tak kalah menarik, seperti: Wisata Kampus, Wisata Makanan, Wisata Budaya, Wisata Kerajinan dll.

Perjalanan sejarah kota Malang yang juga dikenal dengan Paris van Java ini boleh dibilang cukup panjang. Nama “Malang” berasal dari Candi Malang Kucecwara, sebuah candi yang terletak di kaki Gunung Buring, di timur kota Malang. Candi tersebut dibangun pada abad ke-15. Karena daerah dan kondisi alamnya yang sejuk, Kota Malang dikembangkan sebagai daerah peristirahatan bagi orang-orang Belanda dan kaum ningrat Jawa. Peninggalan bangunan kuno mereka sampai sekarang sebagian masih tegak berdiri.

Di beberapa kawasan Kota Malang masih banyak terdapat beberapa bangunan kuno-bersejarah yang memiliki nilai arsitektur dan sejarah, antara lain di kawasan yang menggunakan nama jalan gunung-gunung (Bergenbuurt), kawasan yang menggunakan nama jalan pahlawan-pahlawan (Orangebuurt), kawasan yang menggunakan nama jalan pulau-pulau (Eilandenbuurt), kawasan Splendid, kawasan alun-alun, dan lain sebagainya.

Obyek Wisata Alam

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu saat ini menjadi obyek wisata unggulan bagi Kabupaten Malang dan Jawa Timur. Keindahan trekking di TNBTS bisa dilihat disini. Keindahan yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di segara anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang.

Di Pulau Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas, laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar.

Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan. Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai.

Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri. Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing2 raksasa, sangat indah memang. Kalau sudah begini, jangan lupa bawa kamera lengkap agar tidak menyesal.

Masih untuk mereka yang gemar berwisata alam, Kabupaten Malang menyediakan pemandangan alam di Waduk Selorejo, Perkebunan Teh Wonosari, Perkebunan Apel Poncokusumo, Coban Pelangi, Kebun Raya Purwodadi dan Bukit Flora (yang ini milik tetangga, kabupaten Pasuruan). Keasrian dan suasana alam yang harmoni inilah yang membuat tempat-tempat tersebut layak dikunjungi bila Anda ke Malang.